PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAPA

Main Author: MOHAMAD HIDAYAT J. NGADI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ips
Xi
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410144/pengaruh-pengelolaan-kelas-terhadap-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-xi-di-sma-negeri-1-tapa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mohammad Hj Ngadi, 2015. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Hamzah Yunus., M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XI Di SMA Negeri 1 Tapa. Sementara itu yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pengeloaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 65 orang orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 33 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberartian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Pengelolaan Kelas, dan variabel Y yaitu Motivasi Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi sederhana Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, peneliti dapat menyimpulkan bahwa "Terdapat Pengaruh yang Positif Antara Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa". Hal ini terlihat dimana Pengaruh Pengelolaan Kelas sebesar 34,81%, dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa