PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PAGUAT KABUPATEN POHUWATO
Main Author: | DITA ANGGRAINI MAMONTO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410121/pengaruh-pengelolaan-kelasterhadap-aktivitas-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-kelas-xi-ips-sma-negeri-1-paguat-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK DITA ANGGRAINI MAMONTO. 2014. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Irwan Yantu, S.Pd., M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Herwin Mopangga, SE., M.Si selaku pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah pengelolaan kelas berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato?. Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun jumlah penarikan sampel yaitu 60 orang siswa. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan pada teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis statistik yakni pengujian Regresi Linier Sederhana yang melihat pengaruh antara satu variabel bebas dan satu variabel terikat, Adapun variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah pengelolaan kelas dan variabel terikat (Y) adalah aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, peneliti dapat menyimpulkan bahwa "Pengelolaan Kelas Berpengaruh Positif Terhadap Aktivitas Belajar Siswa". Hal ini terlihat dimana Pengaruh Pengelolaan Kelas sebesar 42,6%, sedangkan sisanya sebesar 57,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa diterima. Kata kunci: Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa 1 Dita Anggraini mamonto, Mahasiswa. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 2 Irwan Yantu, S.Pd.,M.Si. Dosen Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 3 Herwin Mopangga, SE., M.Si. Dosen Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo.