MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 1 BOLAANG

Main Author: TJITRIYANTI POTABUGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
The
Of
Two
Ips
Di
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410113/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-the-power-of-two-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-di-kelas-viii-b-di-smp-negeri-1-bolaang.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK TJITRIYANTI POTABUGA,2014. Nim 911410113 " Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII-B di SMP negeri 1 Bolaang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo tahun 2014. Dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.pd.,M.pd selaku bimbingan I dan Bapak Drs. Rusli Isa.,M.si selaku bimbingan II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah " Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat peningkatan Hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Bolaang? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bolaang kabupaten Bolaang Mongondow, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-B tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 34 siswa 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B yang memperoleh nilai 75 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 44,44% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana observasi awal siswa yang bejumlah 34 orang, hanya 44,44% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan rata-rata 75. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two, hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,58% yang tuntas belajar pada siklus I dan 82,36% yang tuntas belajar pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi " jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The power Two maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu akan meningkat dan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two