MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 2 MOOTILANGO KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | KARLIN ARDAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410110/meningkatkan-hasil-belajar-siswamelalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-matchpada-mata-pelajaran-ekonomi-di-smp-negeri-2-mootilangokabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK KARLIN ARDAN, 911410110. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Meke a Match Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyya Djula, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian: Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII B SMP Negeri 2 Mootilango kecamatan mootilango Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian: Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yakni pada siklus I siswa yang memperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 45,96% dan ketuntasan klasikal sebesar (4,61%) dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,61% dan ketuntasan klasikal sebesar (6,46%). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas VIIIB Ekonomi di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat". Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match"