MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF STAD PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-KHAIRAT BUNTULIA KABUPATEN POHUWATO GORONTALO

Main Author: LISNAWATI LISA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ips
Di
Mts
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410103/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-koperatif-stad-pada-mata-pelajaran-ips-kelas-viii-di-mts-al-khairat-buntulia-kabupaten-pohuwato-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lisnawati lisa, Nim 911410103. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui model Pembelajaran Koperatif STAD (Student Team Achievement Division ) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Al-khairat Buntulia Kabupaten Pohuwato Gorontalo. Skripsi. Di bawah bimbingan Ibu Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru,S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014.Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif tipy STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajara IPS Terpadu, dapat meningkatkan hasil capaian yang diharapkan dari hasil KKMnya 70%. Pada siklus I hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan atau refleksi dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar,yang belum berhasil sehingga dilakukan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukan bahwa dari 27 siswa di kelas VIIIa MTs Alkhairat Buntulia tahun 2013/2014 yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 keatas terdapat 23 orang siswa (85,18%) dengan rata-rata 81,29%. Berdasarkan data nilai yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran IPS terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : hasil belajar siswa,model pembelajaran tipe, STAD