Pengaruh Kepribadian Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (suatu penelitian pada angkatan 2010 jurusan pendidikan ekonomi fakultas ekonomi dan bisnis universitas negeri gorontalo)
Main Author: | NURHAIDA LABAGU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410082/pengaruh-kepribadian-dosen-terhadap-motivasi-belajar-mahasiswa-suatu-penelitian-pada-angkatan-2010-jurusan-pendidikan-ekonomi-fakultas-ekonomi-dan-bisnis-universitas-negeri-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Nurhaida Labagu. 2014. Pengaruh Kepribadian Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd. dan Ibu Radia Hafid, S.Pd., M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh kepribadian dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo?. Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kepribadian dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 141 orang mahasiswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 35 orang dengan cara proportional sampling. dapun thenik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberatian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X Kepribadian Dosen, dan variabel Y yaitu Motivasi Belajar Mahasiswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, penulis dapat menyimpulkan bahwa "Kepribadian Dosen Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa". Hal ini terlihat dimana pengaruh kepribadian dosen sebesar 14,76%. dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Kata kunci: Kepribadian Dosen dan Motivasi Belajar Mahasiswa