PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TAPA

Main Author: ANAS BAU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Xi
Ips
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410053/pengaruh-kreativitas-guru-terhadap-prestasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-ips-di-sma-negeri-1-tapa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Anas Bau, 2014. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapa. Sementara itu yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 60 orang orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel yakni seluruh populasi yang berjumlah 60 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberartian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Kreativitas Guru, dan variabel Y yaitu Prestasi Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, peneliti dapat menyimpulkan bahwa "kreativitas guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri I Tapa". Hal ini terlihat dimana Pengaruh Kreativitas Guru sebesar 16,81%, dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Kata Kunci : Kreativitas Guru dan Prestasi Belajar Siswa