PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 GORONTALO

Main Author: NOVIA A. JIBU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
And
Ips
Di
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410007/perbandingan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-team-game-tournament-tgt-dengan-picture-and-picture-pada-mata-pelajaran-ips-di-smp-negeri-2-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NOVIA JIBU. Nim 911 410 007. 2013. " Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament TGT dan model pembelajaran Picture And Picture pada mata pelajaran IPS". Skripsi. Program studi pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin Tahir. M. Si , dan pembimbing II (Idris Yanto Niode. S.Pd. MM . Penelitian ini dimaksud untuk menggali lebih dalam perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran tema game tornament TGT dan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS di kelas VII-10 dan kelas VII-8 SMP Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Berdasarkan pengujian hasil penelitian diperoleh uji tes bahwa -t 1-1/2 < thitung 1-1/2 dimana t 1-1/2 diperoleh nilai t hitung = 4,11 untuk = 0,05 diperoleh nilai t daftar = 2,00, dengan demikian H0 di tolak dan diterima H1. Dengan rata rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 84,57 > 78,37. Dengan demikian, maka hipotesis yang berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajarn team game tournament TGT dan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada pata pelajaran IPS dikelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo, dinyatakan diterima. Kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran Team Game Tournament TGT dan model pembelajaran Picture And Picture.