Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di SMP Negeri 13 Gorontalo
Main Author: | ULAN M. ANIS |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410006/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-snowball-throwing-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-di-smp-negeri-13-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ulan M. Anis. NIM.911410006. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII I SMP Negeri 13 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoy, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Radia Hafid, S.Pd.,M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni "Apakah dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 13 Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkat?". Tujuan penelitian yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing kelas VIII IPS I SMP Negeri 13 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 29 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siwa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasikegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (a) Sebelum diadakan tindakan atau penggunaan model pembelajaran snowball throwing hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 75 ke bawah atau yang dikategorikan belum tuntas yaitu dari 29 orang siswa hanya 11 orang siswa (37%) yang tuntas (37%) dan 18 orang siswa (63%) yang mendapatkan nilai belum tuntas. (b) Pada tindakan kelas siklus I hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo meningkat menjadi 21 orang (72%) yang mendapatkan nilai tuntas. (c) Pada tindakan kelas siklus II hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo meningkat menjadi 26 orang siswa (86%) yang mendapatkan nilai tuntas. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing