Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo
Main Author: | ROSLINDA UMAR |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410003/penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-example-non-example-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-sma-negeri-1-tapa-kabupaten-bone-bolango-provinsi-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Roslinda Umar. 911 410 003. 2014, "Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo" Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Maha Atma Kadji, M.Si dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah " Apakah hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo pada mata pelajaran Ekonomi dapat ditingkatkan melalui penggunaan model kooperatif tipe Example non Example". Tujuan penelitian adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tapa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example. Dengan subjek penelitian adalah kelas X3 Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa. Berdasarakan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan Model Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal siswa yang berjumlah 25 orang, hanya 12 atau 48% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas. Pada saat Model Example non Example, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan nilai rata-rata kelas mencapai 68.6% dan ketuntasan belajar 56%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79.8% dan ketuntasan belajar 88%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Jika digunakan Model pembelajaran Example non Example pada mata pelajaran Ekonomi dikelas X SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa akan meningkat". Kata Kunci :Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Example non Example