MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TAPA

Main Author: NORMA MOHA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409195/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan-model-pembelajaran-number-head-together-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-sma-negeri-1-tapa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NORMA MOHA, NIM 911 409 195, meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran number head together pada mata pelajaran ekonomi , jurusan pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi dan bisnis, universitas negeri gorontalo, di bawah bimbingan ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan bapak Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag. Permasalahan utama penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan peneliti ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Number Head Together pada mata pelajaran ekonomi di kelas X6 SMA Negeri 1 Tapa semester genap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, dengan mengumpulkan data berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together pada mata pelajaran ekonomi, dapat meningkat hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dan terbukti pada peningkatan hasil belajar siswa, dimana siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 50% hasil observasi awal menjadi 73.07% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 80.76% pada hasil siklus II. Dengan hipotesis Jika digunakan model pembelajaran Number Head Together, pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X6 SMA Negeri 1 TAPA maka hasil belajar akan meningkat. . Kata Kunci : Belajar dan Pembelajaran, hasil belajar, dan Model pembelajaran .Number Head Together.