MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ( Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo )
Main Author: | RIYAN ISMAIL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409167/meningkatkan-hasil-belajar-siswamelalui-penggunaan-model-pembelajaransnowball-throwing-pada-mata-pelajaran-ekonomi-penelitian-pada-siswa-kelas-xi-ips-3-sma-negeri-2-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Riyan Ismail. 2014, "Meningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenggunakan model pembelajaranSnowball Throwing padamatapelajaranEkonomikelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo".JurusanPendidikanEkonomiFakultasEkonomidanBisnisUniversitasNegeriGorontalo 2014. Pelaksanaanpenelitianinididasarkanpadarumusanmasalah "Apakahmenggunakan model pembelajaranSnowball Throwing padamatapelajaranekonomi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo, dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa ?". Penelitianinidilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalopadasiswakelas XI IPS 3 denganmetodepenelitiantindakankelas.Hipotesispenelitianadalah "Jikadigunakan model Snowball Throwing padamatapelajaranEkonomikelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo", dengan indicator penelitian : jumlahsiswa yang memperolehnilai minimal 75 meningkatdari 60% menjadi 86.7%. Sebagaisimpulandaripenelitianiniadalahtelahterjadipeningkatanhasilbelajarsiswakelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Hal iniditujukandengan data sebagaiberikut 1) Hasilbelajarsiswapadasiklus I menjadi 60% darihasilobservasiawaldan 2) Hasilbelajarsiswapadasiklus II telahmeningkatmenjadi 86.7%, sehinggadengandemikiandapatlahdisimpulkanbahwahipotesispenelitian yang berbunyi "Jikadigunakan model pembelajaranSnowball Throwing padamatapelajaranEkonomikelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo", dengan indicator penelitian :jumlahsiswa yang memperolehnilai minimal 75 meningkatdari 60% menjadi 86.7%. Kata Kunci :hasilbelajarsiswa, Model PembelajaranSnowball Throwing