Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Examples Non Examples Pada Kompetensi Melakukan Prosedur Admnistrasi (MPA) Di Kelas X ADP-1 SMK Negeri 1 Limboto
Main Author: | ELVIRA YUSUF |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409146/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaan-model-cooperative-learning-tipe-examples-non-examples-pada-kompetensi-melakukan-prosedur-admnistrasi-mpa-di-kelas-x-adp-1-smk-negeri-1-limboto.html |
Daftar Isi:
- Elvira Yusuf. 911409146. 2013, Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model cooperative learning tipe examples non exampels pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di kelas x ADP SMK Negeri 1 Limboto. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013. Dibimbing oleh Bapak Dr, Hamzah Yunus., M.Pd dan Bapak Roy Hasiru., S.Pd., M.Pd Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Apakah dengan menggunakan model cooperative learning tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (MPA) di kelas X ADP SMK Negeri 1 Limboto ?. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Limboto pada siswa kelas X ADP dengan metode penelitian tindakan kelas. Hipotesis penelitian adalah Jika digunakan model cooperative learning tipe examples non examples pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi kelas X ADP SMK Negeri, dengan indikator penelitian : jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dari 46.67% menjadi 80%. Sebagai simpulan dari penelitian ini sebagai berikut 1) Hasil belajar siswa pada siklus I telah meningkat menjadi 56.67% dari hasil observasi awal dan 2) Hasil beajar siswa pada siklus II telah meningkat menjadi 83.33%, sehingga dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi Jika digunakan model cooperative learning tipe examples non examples pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi kelas X ADP SMK Negeri, dengan indikator penelitian : jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dari 46.67% menjadi 80%. Kata Kunci : Belajar dan Pembelajaran, hasil belajar siswa, model pembelajaran cooperative learning tipe examples non examples.