MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X THP-1 SMK NEGERI 1 LIMBOTO

Main Author: NURDIN DUNGGIO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
A
X
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409132/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melaluipenggunaan-model-pembelajaran-kooperatiftipe-make-a-match-pada-mata-pelajaran-kewirausahaan-kelas-x-thp-1-smk-negeri-1-limboto.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurdin Dunggio Nim 911 409 132 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas X THP-1 SMK Negeri 1 Limboto. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Meyko Panigoro, S.Pd,M.Pd dan Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X THP-1 SMK Negeri 1 Limboto? Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 29 orang siswa dengan 22 orang laki-laki dan 7 orang perempuan di di Kelas X THP-1 Pada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Berdasarkan kegiatan observasi kegiatan guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Untuk observasi kegiatan guru mengalami peningkatan sebesar 6,69% yaitu dari 86,67% mejadi 93,33%, untuk observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan sebesar 7,69% yaitu dari 84,62% menjadi 92,31%. Selanjutnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kegiatan observasi awal ke siklus I sebesar 24,13% yaitu dari 48,28% menjadi 72,41% pada siswa yang mendapat nilai ? 75. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa pula terjadi pada kegiatan siklus I ke siklus II sebesar 13,79% siswa yang mendapat nilai ? 75 yaitu dari 72,41% menjadi 86,21% dengan nilai rata-rata kelas dari 70,14 menjadi 88,10. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran kewirausahaan, maka hasil belajar siswa di Kelas X THP-1 SMK Negeri 1 Limboto akan meningkat, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT Nurdin Dunggio, NIM 911 409 132 Increasing Students Learning Achievement through Make a Match Cooperative Learning Model on Entrepreneurship subject on 10th Grade THP-1 of SMK Negeri 1 Lomboto. Economics Education Study Program, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negera Gorontalo. The Principal Supervisor was Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd and The Co-supervisor was Radia Hafid, S.Pd, M.si. This research was conducted based on the problem identification whether or not the use of Make a Match cooperative learning model on Entrepreneurship subject can increase students learning result on 10th grade THP-1 of SMK Negeri 1 Limboto. This research was conducted based on the problem identification whether or not the use of Make a Match cooperative learning model on Entrepreneurship subject can increase students learning result on 10th grade THP-1 of SMK Negeri 1 Limboto. This research was a Classroom Action Research with 29 students as a sample. It consisted of 22 male students and 7 female students on Entrepreneurship subject on 10th Grade THP-1. Based on the result, this classroom action research consistend of two cycles; cycle 1 and cycle 1 and cycle 2. Teacher and students observation activity increased from cycle 1 to cycle 2. Teacher and students observation activity increased from cycle 1 to cycle 2. Teacher and studentsdudents observation activity increased from cycle 1 to cycle 2. Teachers observation activity increased as high as 6,69% from 86,67% to 93,33%. Students observation activity increased as high as 7,69% from 84,62% to 92,31%. Students learning result also increased from the beginning of observation to the cycle 1 as high as high as 24,13% from 48,28% to 72,41% on students who got ? 75. Students learning results also increased on cycle 1 to cycle 2 as high as 13,79%. The students who got ? 75 increased from 72,41% to 86,21%, with the class average grade from 70,14 become 88,10. Therefore, the action hypothesis the make a match cooperative learning model can increase students learning result on Entrepreneurship subject on 10th Grade THP-1 of SMK Negeri 1 Limboto is proved and accepted. Key Words: Make a Match Cooperative Learning Model, Students Learning Achievement.