PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 4 SANG TOMBOLANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Main Author: REZA RIZKY AHMADI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Tua
Smp
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409094/pengaruh-status-sosial-ekonomi-orang-tua-terhadap-prestasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-viii-smp-negeri-4-sang-tombolang-kabupaten-bolaang-mongondow.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Reza Rizky Ahmadi. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 4 Sang Tombolang. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, dan Pembimbing II Hj. Irawati Abdul, SE., M.Si Tujuan penelitian ini untuk mengetahi seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 4 Sang Tombolang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Tingkat social ekonomi orang tua siswa di SMP N 4 Sang Tombolaang, dapat dikatakan sebagian besar berstatus social ekonomi menengah ke bawah. Setelah peneliti mempelajari data hasil prestasi belajar sswa selama satu semester, maka peneliti berkesimpulan bahwa prestasi belajar siswa siswa di SMP N 4 Sang Tombolaang bahwa tergolong cukup baik. Besarnya pengaruh status social ekonomi, orang tua memiliki pengaruh kontrubusi sebesar 44,89% terhadap variable prestasi belajar siswa, sedangkan 55,11% lainnya di pengaruhi oleh factor-faktor lain di luar variable yang diteliti. jika pengaruh kondisi social orang tua tinggi maka prestasi belajar anak akan tinggi pula, namun sebaliknya sebaliknya apabila kondisi sosial ekonomi orang tua rendah maka prestasi belajar anak juga rendah, karena kurangnya dukungan sarana dan prasarana yang menunjang kebutuhan belajar anaknya, hal ini dapat menghambat anak untuk belajar. Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi belajar Siswa