MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X ADP 2 SMK NEGERI 1 LIMBOTO

Main Author: YUDI WAHYUDI UMAHANI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
X
Adp
2
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409078/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-kewirausahaan-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-x-adp-2-smk-negeri-1-limboto.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yudi Wahyudi Umahani. NIM. 911 409 078. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas X ADP 2 SMK Negeri I Limbboto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoy, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Raflin Hinelo S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas X ADP 2 SMK Negeri 1 Limboto?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan tentang Materi Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMK Negeri I limboto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dibagi dalam dua siklus. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Kewirausahaan, maka hasil belajar siswa di kelas X ADP SMK Negeri 1 Limboto meningkat dapat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 66.6% hasil observasi awal menjadi 67.% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 93% hasil siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD