Meningkatkan Kemampuan Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Piutang Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Limboto

Main Author: RISNAWATY LAHIYA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
X
3
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409073/meningkatkan-kemampuan-siswa-melalui-model-pembelajaran-creative-problem-solving-cps-pada-materi-piutang-mata-pelajaran-akuntansi-kelas-x-akuntansi-3-smk-negeri-1-limboto.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Risnawati Lahiya. 911409073. Meningkatkan Kemampuan Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Piutang Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri I Limboto. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Di bawah bimbingan Bapak Imran R. Hambali, S.Pd., S.E., M.SA selaku Pembimbing I dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. selaku Pembimbing II. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah apakah kemampuan belajar siswa akan meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi piutang mata pelajaran akuntasi kelas X Akuntansi3 SMK Negeri 1 Limboto ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan pemberian tes. Dan untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui model pembelajaran creative problem solving (CPS). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri I Limboto yang berjumlah 28 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran akuntansi. Data hasil penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada guru mata pelajaran, melakukan observasi pada kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan pemberian tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Data hasil penelitian ini menunjukaan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 35,71% hasil observasi awal menjadi 57,14% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,57% hasil siklus II, dan hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 76,67% siklus I menjadi 100% pada siklus II, selain itu, hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 50,00% siklus I menjadi 88,46% hasil siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi meningkatkan kemampuan siswa melalui model pembelajaran creative problem solvinng (CPS) pada materi piutang mata pelajaran akuntansi kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Limboto akan meningkat dan dapat terbukti. Kata kunci : Kemampuan Siswa dan Creative Problem Solving (CPS)