Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Pada mata Pelajaran Kewirausahaan Dikelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Limboto

Main Author: CANDRA HULOPI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
X
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409022/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-role-playing-pada-mata-pelajaran-kewirausahaan-dikelas-x-pemasaran-smk-negeri-1-limboto.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Candra Hulopi, NIM 911 409 022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Dikelas X Pemasaran SMK Negeri I Limboto. Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Hj. Salma Bowtha, M.Pd Dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing pada mata pelajaran kewirausahaan, maka hasil belajar siswa pada kelas X Pemasaran SMK Negeri I Limboto akan meningkat, dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi 85%. Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 24 siswa dikelas X PM SMK Negeri I Limboto tahun 2012/2013 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 21 orang siswa (87.5%) dengan rata-rata 76.5%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing.