Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Gorontalo
Main Author: | FAHD MAHMUD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911409015/pengaruh-profesionalisme-guru-terhadap-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-akuntansi-di-kelas-xi-ips-2-sma-negeri-4-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fahd Mahmud. Nim 911409015 Skripsi 2013 Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Akuntansi Di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 4 Gorontalo. Dibawah bimbingan, Dr. Rosman Ilato, M.Pd selaku Pembimbing I dan Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah : Apakah Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS-2 SMA Negeri 4 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, variabel penelitian terdiri dari variabel X Profesionalisme Guru dan variabel Y motivasi belajar siswa, sampel penelitian berjumlah 35 orang, tehnik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan kuesioner (angket) sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Sebagai kesimpulan penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi Terdapat pengaruh yang positif Profesonalisme guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS-2 SMA Negeri 4 Gorontalo dapat diterima dan telah diuji kebenarannya. Hal ini dapat dibuktikan melalui, 1) hasil analisis regresi yang berarti setiap terjadi perubahan satu unit pada variabel X Profesionalisme Guru, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y motivasi belajar siswa sebesar 0,42 unit, 2) hasil uji linearitas persamaan regresi yang menyimpulkan bahwa persamaan regresi linear dan berarti, 3) hasil uji koefisien diterminasi sebesar r2 = 0,1369 yang menunjukkan bahwa Profesioanlisme Guru berpengaruh sebesar 13,69% terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Siswa