PENGARUH TERAPI BERMAIN MENGGUNAKAN PLAYDOUGH TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK DI TK. AISYIYAH BUSTHANUL ATFHAL II KECAMATAN HULONTHALANGI KOTA GORONTALO
Main Author: | RIZKY DZULKARNAIN AHMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/841415158/pengaruh-terapi-bermain-menggunakan-playdough-terhadap-kemampuan-motorik-halus-pada-anak-di-tk-aisyiyah-busthanul-atfhal-ii-kecamatan-hulonthalangi-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rizky Dzulkarnain Ahmad. 2016. Pengaruh Terapi Bermain Menggunakan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Di TK. Aisyiyah Busthanul Atfhal II Kecamatan hulonthalangi kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rosmin Ilham, S.Kep, Ns. MM. dan Pembimbing II dr. Elvie Febriani Dungga, M.Kes. Playdough adalah bermain melalui adonan. Playdough mudah dimainkan dan disukai oleh anak-anak balita. Dengan menggunakan playdough, anak-anak dapat mengekspresikan kreativitas mereka melalui kreasi tiga dimensi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh terapi bermain menggunakan playdough terhadap kemampuan motorik halus pada anak di TK Aisyiyah Busthanul Atfhal II Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Postest Design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan populasi penelitian ini jumlah 98 anak. Analisis yang digunakan yaitu bivariate dengan menggunakan Uji Paired sampel t-test. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon untuk pemberian terapi bermain playdough terhadap kemampuan motorik halus anak didapatkan bahwa nilai p Value = 0,000 (