Hubungan sikap asertif perawat dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Otanaha Kota Gorontalo
Main Author: | FITRAHANDAYANI I. PANI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/841413076/hubungan-sikap-asertif-perawat-dengan-tingkat-kepuasan-pasien-di-instalasi-rawat-inap-rsud-otanaha-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Fitrahandayani I.Pani, 2017. Hubungan Sikap Asertif Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instlasi Rawat Inap RSUD Otanaha Kota Gorontalo. Skripsi, Program StudiIlmu Keperawatan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo,Pembimbing 1 Dr.Hj.Lintje Boekosoe, M.Kes, dan Pembimbing II dr. Sri A. Ibrahim, M.Kes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap asertif perawat dengan tingkat kepuasan pasien.Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional.. Sampel penelitian untuk sikap asertif dan tingkat kepuasan berjumlah 30 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling . Data dikumpulkan menggunakan kuesioner baik untuk sikap asertif dan tingkat kepuasan. Analisis data menggunakan uji statistik Spearmen's rank dengan derajat kemaknaan â 0,05. Data diolah menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap asertif perawat dinilai baik sebanyak 17 responden (56,7%), sikap aserif cukup sebanyak 5 responden (16,7%). Sedangkan kategori kurang sebanyak 8 responden (25,7%). Sedangkan untuk tingkat kepuasan pasien kategori puas sebanyak 23 responden (76,7%) tidak puas sebanyak 7responden (23,3 %). sSetelah dilakukan uji statistik didapatkan ada hubungan sikap asertif perawat dengan tingkat kepuasan pasien ( value 0,049â 0,05). Dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,362 artinya memiliki hubungan yang cukup kuat. Kesimpulan terdapat hubungan sikap asertif perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Saran bagi Perawat sangat penting untuk selalu mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pasien selama diberi tindakan-tindakan atau pelayanan medis dan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan mutu pelayanan salah satunya dengan sikap asertif. Kata Kunci : Sikap Asertif, KepuasanPasien, Rawat Inap Daftar Pustaka : 37 Referensi