EFEKTIFITAS METODE BERMAIN PUZZLE CUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BONE BOLANGO

Main Author: SRI WAHYUNI ADAM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
Slb
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/841412046/efektifitas-metode-bermain-puzzle-cuci-tangan-terhadap-kemampuan-cuci-tangan-anak-tunagrahita-di-slb-negeri-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sri Wahyuni Adam. 2016. Efektifitas Metode Bermain Puzzle Cuci Tangan terhadap Kemampuan Cuci Tangan Anak Tunagrahita di SLB Negeri Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 dr. Sri A. Ibrahim, M.Kes dan Pembimbing II Vik Salamanja, S.Kep, Ns. M.Kes. Masalah anak tunagrahita yaitu sulit merawat diri dalam hal mencuci tangan , untuk menangani masalah tersebut diperlukan suatu media/permainan. Metode permainan, salah satu metode bermain puzzle, dengan puzzle anak lebih fokus dan tidak merasa bosan saat diajarkan cara mencuci tangan yang benar. Puzzle selain dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak. Tujuan penelitian adalah diketahui efektifitas metode bermain puzzle cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan anak tunagrahita di SLB Negeri Bone Bolango. Desain penelitian adalah observasi analitik, dengan populasi 52 anak, sampel penelitian berjumlah 28 anak dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank. Kesimpulan penelitian terdapat efektifitas metode bermain puzzle cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan anak tunagrahita di SLB Negeri Bone Bolango dengan nilai ( value 0,001 kurang dari nilai (0,05). Saran peneliti sebaiknya guru menggunakan metode bermain yang sesuai materi yang akan diajarkan agar dapat membantu anak tertarik belajar dan mengetahui pelajaran. Kata Kunci : Puzzle, Cuci Tangan, Tunagrahita Daftar Pustaka : 42 (Tahun 2006-2015)