Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo

Main Author: ARIF FIRMANTO J. ATISINA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Dr.
H.
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/841411003/terapi-bermain-mewarnai-gambar-terhadap-tingkat-kooperatif-anak-usia-prasekolah-di-ruang-perawatan-anak-rumah-sakit-prof-dr-h-aloei-saboe-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Arif Firmanto J. Atisina. 2015. Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rini Fahriani Zees S.Kep. Ns. M.Kep., dan Pembimbing II dr. Sri Andriani Ibrahim M.Kes. Pemberian tindakan keperawatan di rumah sakit, cenderung membuat anak tidak merasa nyaman, sehingga dapat menyebabkan tingkat kooperatif anak menjadi negatif. Tingkat kooperatif anak dapat ditingkatkan dengan metode bermain salah satunya adalah terapi bermain mewarnai gambar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah selama menjalani perawatan. Desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design. Populasi berjumlah 15 anak. Sampel sebanyak 15 anak dengan teknik Purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis dengan uji t berpasangan. Didapatkan sebagian besar anak usia prasekolah (60%) memiliki tingkat kooperatif negatif sebelum perlakuan dan sebagian besar anak (53,3%) menunjukkan tingkat kooperatif positif sesudah perlakuan p=0,000(