MENINGKATKAN GERAK DASAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI METODE MODELING PADA SISWA KELAS V SDN 1 BULANGO TIMUR

Main Author: ATHAR A. KIDAMU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
V
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831413274/meningkatkan-gerak-dasar-dribbling-dalam-permainan-bola-basket-melalui-metode-modeling-pada-siswa-kelas-v-sdn-1-bulango-timur.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 1 Bulango Timur pada siswa kelas V berjumlah 17 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas V dalam melakukan teknik dasar dribbling, sebagai berikut : Sikap pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 57,65, siklus I mencapai 70,18 dan siklus II mencapai 83,12. Pengetahuan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 55,29, siklus I mencapai 72,53, dan siklus II mencapai 87,06. Keterampilan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 42,04, siklus I mencapai 66,44, dan siklus II mencapai 85,29. Dengan kata lain, hipotesis yang di rumuskan yaitu "jika metode modeling diterapkan maka gerak dasar dribbling dalam permainan bola basket pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Timur dapat ditingkatkan" diterima. Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil. Kata Kunci : Dribbling, Metode Modeling.