MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN NO. 96 SIPATANA KOTA GORONTALO

Main Author: JUSUF BAGUE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Iv
Sdn
No.
96
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831413263/meningkatkan-kemampuan-gerak-dasar-lompat-jauh-gaya-jongkok-melalui-model-pembelajaran-explicit-instruction-pada-siswa-kelas-iv-sdn-no-96-sipatana-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Explicit Instrction pada siswa kelas IV SDN No. 96 Sipatana Kota Gorontalo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian 31 orang siswa kelas IV SDN No. 96 Sipatana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat jauh melalui model pembelajaran Explicit Instruction dengan perolehan hasil belajar observasi awal secara klasikal 53,43%. Dalam siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 59,22%, kemudian dilanjutkan dengan penelitian ke siklus II dan memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal 82,15%. Maka penelitian dikatakan selesai. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi gerak dasar lompat jauh gaya jongkok. Terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa telah mengalami peningkatan. Kata Kunci: Explicit Instruction - Hasil Belajar - Lompat Jauh Gaya Jongkok