PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DENGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PEDA KELAS VII SMP NEGERI 2 BATUDAA

Main Author: I MADE MARKUS PALAGUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Vii
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831413167/pengaruh-model-pembelajaran-koopertif-tipe-jigsaw-terhadap-hasil-belajar-menggiring-bola-dengan-menggunakan-kaki-bagian-luar-dalam-permainan-sepak-bola-peda-kelas-vii-smp-negeri-2-batudaa.html
Daftar Isi:
  • Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pangaruh model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw terhadap hasil belajar menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pree tes " post tes design yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Batudaa khususnya kelas VII3 dengan jumlah sampel yang di ambil dari keseluruhan populasi yang berjumlah 19 orang. Pelaksanaan eksperiment semu ini, di awali dengan tes awal, kemudian tritment sebanyak 2 kali dan di akhiri dengan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 67 dan skor yang terendah 33 Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 48.79 dan nilai standar deviasi 9.63 dan varians 92.83. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi75 dan skor terendah 42. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 60.53 dan standar deviasi 8.79 serta varians 77.26 Sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 12.75 Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 2.8. Ternyata harga thitungtelah lebihbesar dari ttabel. .Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan hasil belajar mengiring bola menggunakan kaki bagian luar pada permainan sepak bola siswa kelas VII3 SMP Negeri 2 Batudaa. Kata Kunci : Hasil Belajar, menggiring bola menggunakan kaki bagian luar, sepak bola, Hakekat Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw