Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Telaga

Main Author: RIVAN SARDI MANANGIN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Vii
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831413084/pengaruh-model-pembelajaran-direct-instruction-terhadap-hasil-belajar-lompat-jauh-gaya-jongkok-pada-siswa-kelas-vii-smp-negeri-1-telaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK RIVAN SARDI MANANGIN. ..."Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Telaga. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi dibawah bimbingan Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, pembimbing II. 2018. Adapun yang menjadi permasalahan pada peneliti ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini adalah eksperimen semu, untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan maka pemberian perlakuan berdasarkan pada rencana atau desain penelitian yaitu dalam penelitian ini dipergunakan metode penelitian eksperimen dengan melakukan tes awal, memberikan treatmen atau perlakuan dan tes akhir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa, dengan selisih perolehan nilai pretest 75 (skor tertinggi) dan 50 (skor terendah), sedangkan posttes 93.75 (skor tertinggi) dan 75 (skor terendah). Hasil penguji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitungSebesar 31.06 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 2.75. Ternyata harga thitunglebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran direct instruction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Kata Kunci : Direct Instruction, Lompat jauh