Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD Dengan Model Pembelajaran Explicit InstuctionTerhadap Hasil Belajar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga

Main Author: RIFKI MAULANA RAMADHAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831412228/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-dengan-model-pembelajaran-explicit-instuctionterhadap-hasil-belajar-permainan-sepak-bola-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-1-talaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rifki Maulana Ramadhan, 831 412 228. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD Dengan Model Pembelajaran Explicit InstuctionTerhadap Hasil Belajar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga.Pembimbing I: Drs. SarjanMile,M.S, Pembimbing II : Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd. 2017 Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu di SMP Negeri 1 Talaga, khususnya Pada siswa kelas VIII. yang meneliti tentang pengaruh hasil belajar siswa dalam melakukan teknik Dasar menendang dan mengontrol pada cabang olahraga sepak bola. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Classica experimental design. Pengumpulan data sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan indikator keterampilan siswa melakukan teknik Dasar menendang dan mengontrol. Bahan ajar yang diberikan adalah keterampilan melakukan teknik Dasar menendang dan mengontrol tes awal dan tes akhir. Hipotesis penelitian yang digunakan yaitu Ho= Tidak ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Koopratif Tipe STAD dengan model pembelajaran Expilicit Instruction pada permainan sepak bola . HI= ada perbedaan hasil belajaran antara model pembelajaran Koopratif Tipe STAD dengan model pembelajaran Explicit Instruction pada permainan sepak bola. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis diperoleh nilai thitung= 5,79 Sedangkan kriteriapengujian pada taraf signifikan =0,05 dari daftar distribusi harga t diperoleh ttabel=2,86. Oleh karena thitung lebih besar dari pada ttabel dan thitung berada pada daerah penerimaan HI. Dengan demikian dapat disimpulkan Bahwa HI diterima dan tidak dapat menerima Ho. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajaran antara model pembelajaran Koopratif Tipe STAD dengan model pembelajaran Explicit Instruction pada permainan sepak bola (Studi eksperimen semu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga) Kata Kunci :Hasil belajar, permainan sepak bola