Pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan siswa dalam melakukan tendangan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola (Studi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Kombot)
Main Author: | ERWINTO MAKALALAG |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831412186/pengaruh-model-pembelajaran-tgt-teams-games-tournament-terhadap-kemampuan-siswa-dalam-melakukan-tendangan-kaki-bagian-dalam-pada-permainan-sepak-bola-studi-eksperimen-pada-siswa-kelas-viii-di-smp-negeri-kombot.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Erwinto Makalalag, 2017. Pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan siswa dalam melakukan tendangan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola (Studi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Kombot). Pembimbing 1 Ruslan, S.pd,M.pd dan pembimbing II Mirdayani Pauweni, S.pd, M.pd. Penelitian ini merupakan studi eksperiment di SMP Negeri Kombot khususnya siswa kelas VIII yang diteliti tentang kemampuan tendangan kaki bagian dalam pada cabang olahraga sepak bola dengan mengunakan model pembelajaran TGT (teams games tournament) penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran TGT (teams games tournament) terhadap kemampuan siswa melakukan tendangan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola, adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan sampel sebanyak 20 siswa Berdasarkan hasil penelitian pre-test menujukan skor tertinggi 80 dan skor terendah 65, setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 72.5, nilai standar deviasi 4.135 dan nilai varians 17.105. sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukan skor tertinggi 90 dan skor terenda 75 setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 84.25, nilai standar deviasi 4.940 dan nilai varians 24.405. sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukan harga t_hitung 12.607585804 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga t_tabel 1.729. ternyata harga t_hitung lebih besar dari t_tabel. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT (teams games tournament) memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan siswa melakukan tendangan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola (studi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Kombot). KATA KUNCI : TGT (Teams Games Tuornament) kemampun siswa melakukan tandangan kaki bagian dalam