Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas VII 9 Smp Negeri 1 Telaga

Main Author: JAMRI M. IKI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Vii
9
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831412165/pengaruh-model-pembelajaran-koperatif-tipe-stad-terhadap-keterampilan-lari-jarak-pendek-pada-siswa-kelas-vii-9-smp-negeri-1-telaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK JAMRI M.IKI Nim 831412165 &#226Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas VII 9 Smp Negeri 1 Telaga&#226 Pendidikan Jasmani Olahraga Keshatan Dan Rekreasi Universitas Negri Gorontalo. Skripsi dibawah bimbingan Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Risna Podungge S.Pd, M.Pd. 2017 Permasalahan yang akan dicari jawabanya pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap keterampilan lari jarak pendek pada olahraga atletik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran KooperaTif Tipe STAD terhadap keterampilan lari jarak pendek pada siswa kelas VII-9 SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian experiment semu. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest desing dengan sampel 24 orang dengan selisi perolehan nilai pre-test 66.67 (nilai tertinggi) dan 58.33 (nilai terendah), sedangan post-tes 91.67 (nilai tertinggi) dan 75 (nilai terendah). Dari hasil perhitungan diatas di peroleh harga t_hitung = 33.22dan t_tabel pada 0,05; dk = n- 1 (24 &#226" 1 = 23) ditemukan harga 2.81 dengan demikiant_hitung lebih besar dari t_tabel ( t_hitung = 33.22>t_tabel = 2.81). Berdasarkan kriteria pengujian, terima H_0 jika t_hitung>t_tabel. Dengan memperlihatkan hasil pengujian pada sebelum pelaksanaan eksperimen dan setelah pelaksanaan eksperimen menunjukkan adanya kesimpulan bahwa terjadi pengaruh yang signifikan antara nilai tes awal sebelum pelaksanaan dan tes akhir setelah pelaksanaan terhadap keterampilan lari jarak pendek. Ini didasarkan pada analisis secara statistic diperoleh harga Thitung lebih besar dari Tdaftar harga Thitung telah berada di dalam daerah penerimaan Ha Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah &#226Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan lari jarak pendek pada siswa kelas VII-9 SMP Negeri 1 Telaga diterima&#226.