Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Chest Pass Permainan Bola Basket (Penelitian Tindakan Kelas Siswa/i Kelas VII 3 SMP Negeri 1 Dungaliyo)

Main Author: MUAS SHIDDIK FAJRI ISA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Vii
3
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831412028/penerapan-model-pembelajaran-explicit-intruction-dalam-upaya-meningkatkan-keterampilan-chest-pass-permainan-bola-basket-penelitian-tindakan-kelas-siswai-kelas-vii-3-smp-negeri-1-dungaliyo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK MUAS SHIDDIK FAJRI ISA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Chest Pass Permainan Bola Basket (Penelitian Tindakan Kelas Siswa/i Kelas VII 3 SMP Negeri 1 Dungaliyo). Skripsi. Jurusan Pendidikan dan Jasmani, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing (1) Drs. Sarjan Mile, M.s. Pembimbing (2) Risna Podungge, S.pd, M.pd. Masalah dalam penelitian ini adalah pada materi permainan bola basket khususnya pada tehnik dasar chest pass masih kurang efektif dan kurangnya peralatan pembelajaran penjasorkes,Siswa belum bisa atau memahami dalam melakukan praktek,Siswa tidak mendapatkan pengalaman gerak melalui proses pembelajaran,Rendahnya keterampilan chest pass.cara pemecahan masalah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah upaya untuk meningkatkan keterampilan chest pass dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Explicit Intruction pada siswa kelas VII 3 SMP Negeri 1 Dungaliyo. Hipotesis penelitian adalah: Jika model pembelajaran Explicit Intruction diterapkan, maka keterampilan chest pass permainan bola basket pada siswa kelas VII 3 SMP Negeri 1 Dungaliyo akan meningkat. Indikator dalam penelitian ini adalah: apabila keterampilan chest pass permainan bola basket siswa/i kelas VII 3 SMP Negeri 1 Dungaliyo dapat meningkat dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 80 dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Intruction maka penelitian tindakan kelas ini dianggap selesai dan berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus. Kemudian data tersebut di analisis untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan rata-rata keterampilan siswa melakukan chest pass yakni: pada observasi awal nilai rata-rata keseluruhan siswa melakukan chest pass sebesar 55,28. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 17,72 menjadi 73. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 9 menjadi 82. Secara keseluruhan, peningkatan dari observasi awal hingga hasil dari evaluasi siklus II adalah sebesar 26,72.Dengan demikian dapat dikatakn bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya. Katakunci: Keterampilan Chest pass permainan bola basket, Model Pembelajaran Explicit Intruction