MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SUWAWA SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: SAPRI B. NADJAMUDIN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Iv
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831411259/meningkatkan-keterampilan-dasar-lompat-jauh-melalui-modifikasi-model-pembelajaran-siswa-kelas-iv-suwawa-selatan-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sapri  Nadjamudin. NIM  831411259. Meningkatkan  Keterampilan   Dasarlompat  Jauh  Melalui  Modifikasi Model  pembelajaran  siswa  Kelas  IV Suwawa  Selatan Kabupaten Bone Bolango   Jurusan  Pendidikan  dan Kesehatan ,  Universitas  Negeri  Gorontalo . Pembimbing  1 Risna Podungge ,SPd,MPd  dan pembimbing  II Mirdayani Pauweni ,S.Pd.M.pd . penelitian  ini merupakan  penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan pada semester  ganjil   Tahun Pelajaran 2013/2014.Masalah  dalam PTK ini adalah  rendahnya   keterapilan siswa pada gerak dasar lompat  jauh . Hai ini disebabkan  Oleh kurangnya kemampuan  guru dalam  melakukan  Modifikasi  model pembelajaran .  Adapun tujuan dilaksanakan PTK ini  adalah untuk  Meningkatkan kerterampilan  dasar Lompat Jauh Melalui Modifikasi  Model pembelajaran pada siswa yang diteliti. Berdasarkan  prosedur penelitian  tindakan, maka  analisis data sehubungan dengan pengujian  hipotesis tindakan  dilakukan secara  deskritif  bertahap dan berkesinambungan pada setiap ahir siklus.  Kriteria yang hendak dicapai ,yakni minimal  keterampilan siswa mencapai sebesar 75% atau sebanyak 15  orang  yang termasuk pada klasifikasi  “baik”, sedangkan daya serap Klasikal sebesar  75  % dengan Klasifikasi  “ baik”. Hasil  penelitian  tindakan kelas ini menunjukan  adanya  eningkatan  kempuan siswa  yang   mencapai  pola kriteria keberhasilan . dari jumlah siswa keseluruhan 20  Orang.Maka  pada siklus  I dicapai   Klasifikasi  baik  7 Orang atau  35 %  dengan Daya serap Klasikal  sebesar 71,16. Pada siklus II meningkat menjadi  18 0rang atau   90 %  dan daya  serap klasikal menjadi  80,35%. Untuk hasil Observasi kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan  secara bertahap dalam pelaksanaanya pada setiap siklus.Dengan demikian , Keterampilan  dasar lompat jauh melalui modifikasi model pembelajaran  siswa kelas  VI  SDN 4  Suwawa selatan  Kabupaten Bone Bolango  dapat ditingkatkan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalh hipotesis yang diajukan , diterima.