MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG GERAK DASAR ROLL DEPAN MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 KECAMATAN BOTUPINGGE

Main Author: ZENAB KOKO AHMAD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
V
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831411251/meningkatkan-hasil-belajar-tentang-gerak-dasar-roll-depan-melalui-modifikasi-alat-pembelajaran-pada-siswa-kelas-v-sekolah-dasar-negeri-4-kecamatan-botupingge.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZenab Koko Ahmad NIM. 831411251. Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Gerak Dasar Roll Depan Melalui Modifikasi  Alat Pembelajaran Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar  Negeri  4 Kecamatan Botupingge .Skripsi.Jurusan Penjasorkesrek jalur PPKHB Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing 1 Drs. Ahmad Lamusu,S.Pd,M.Pd Pembimbing 2 Zulkifli Lamusu, S.Pd,M.Pd.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan melalui  Modifikasi  Alat  Pembelajaran pada senam di kelas V Sekolah Dasar  Negeri 4 Botupingge  hasil belajar siswa akan meningkat ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes di kelas V sekolah Dasar Negeri 4 Botupingge  Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitan tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan dalam bentuk perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Hasil pelaksanaan tindakan siklus  I dengan menggunakan Modifikasi Alat Pembelajaran hasil belajar siswa belum mencapai indicator kinerja. Sehingga dilakukan siklus  II sebagai refleksi dari siklus I .Pada siklus II Terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa yaitu dari 71.31%  meningkat menjadi 76.12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengguunaan Modifikasi Alat Pembelajaran pada penjasorkes  khususnya tentang pokok bahasan roll depan dapat meningkat.Kata kunci :gerak dasar roll depan, modifikasi alat pembelajaran