Meningkatkan Keterampilan Pasing Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (TIPE TGT) Siswa kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi

Main Author: ROIS AHMAD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Vii
Smp
8
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831411124/meningkatkan-keterampilan-pasing-dalam-permainan-bola-voli-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-tgt-siswa-kelas-vii-smp-negeri-8-dulupi.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ROIS AHMAD / 831 411 124 "Meningkatkan Keterampilan Pasing Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (TIPE TGT) Siswa kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi" Dosen Pembimbing 1 Risna Podungge S.Pd, M.Pd dan Dosen Pembimbing 2 ZulkifliA. Lamusu. S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah dalam melakukan pasing, rendahnya hasil belajar siswa pada materi permainan bola voli terutama pada materi pasing hingga mengakibatkan nilai mata pelajaran rendah. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:"bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar pasing dalam permainan bola voli melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments pada siswa dikelas VII SMP Negeri 8 Dulupi." Adapun hipotesis tindakan yakni " jika penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dilakukan pada pada penelitian ini maka siswa melakukan pasing pada permainan bola boli dapat ditingkatkan". Indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu: apabila keterampilan Pasing dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran teams games tournaments siswa kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi dapat ditingkatkan minimal 80% dari jumlah siswa, mencapai 70-79. Data pada penelitian ini merupakan suatu jenis teindakan kelas (PTK) yang dilakukan di sekolah SMP Negeri 8 Dulup, dengan jumlah siswa 25 orang 11 putra dan putri berjumlah 14 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis, berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan melakukan teknik pasing yakni : pada observasi awal rata-rata kemampuan dasar pasing sebesar 48.94%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 61.08% dan pada tindakan siklus II di perorel hasil pencapaian sebesar 81.74%, berada pada kategori baik sekali. Simpulan: berdasarkan penjelasan tersebut diatas jelas bahwa hasil penelitian initelah mencapai indikator yang diterapkan. Jadi hipotesis yang dinyatakan: "jika penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dilakukan pada pada penelitian ini maka siswa melakukan pasing pada permainan bola boli dapat ditingkatkan." Dapat diterima. Kata Kunci: Teknik dasar pasing, Model Pembelajaran Teams Games Tournaments, Siswa SMP