MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN BOLA BASKET DENGAN TEKNIK DASAR DRIBBLING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 1 TELAGA
Main Author: | SULISTIANTO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831411123/meningkatkan-kemampuan-bermain-bola-basket-dengan-teknik-dasar-dribbling-melalui-model-pembelajaran-teams-games-tournament-tgt-pada-siswa-kelas-ix-2-smp-negeri-1-telaga.html |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan teknik dasardribbling dalam permainan Bola Basket dengan menggunakan model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo, Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar dribbling sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh tahap persiapan 57,5, tahap gerakan 57, akhir gerakan 56,44 dengan nilai rata-rata keseluruhan 56,92. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT). (2) darievaluasi siklus I diperoleh tahap persiapan 72, tahap gerakan 71, akhir gerakan 70,4 dengan nilai rata-rata keseluruhan 71,02. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) dengan variasi. (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh tahap persiapan 82,5, tahap gerakan 81,5, akhir gerakan 81,84 dengan nilai rata-rata keseluruhan 82. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II.Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar dribbling pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) maka keterampilan teknik dasar dribbling pada siswa kelas IX SMP Negeri I Telaga dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Teknik dasar DribblingBasket, Teams Games Tournament (TGT)