Meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tapa

Main Author: ANDRIANSYA DILAPANGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831411100/meningkatkan-meningkatkan-hasil-belajar-menendang-bola-dengan-kaki-bagian-dalam-pada-permainan-sepak-bola-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-pada-siswa-kelas-viii1-smp-negeri-1-tapa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Andriansyah Dilapanga 831 411 100. Judul Skripsi "Meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tapa. Pembimbing ISuriyadi Datau, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dr. Meyke Parengkuan, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah : hasil belajar menendang bola dengan kaki bagian dalam pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri Tapa masih kurang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar menendang bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tapa. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tapa. Setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dikelas itu maka hipotesis pada peneliitian ini yaitu jika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka hasil belajar menendang bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tapa akan meningkat. Indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu penentuan keberhasilan adalah dengan presentase capaian 80% nilai rata-rata. Hasil dari penelitian ini adalah data pada observasi awal nilai rata-rata dari 20 jumlah siswa yaitu 61,00kemudian meningkat 9,50 pada siklus I menjadi 70,50dan pada siklus II meningkat 11,00 menjadi 81,50. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw maka hasil belajar menendang bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tapa dapat Meningkat.Jadi hipotesis dari penelitian ini diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada permainan Sepak Bola, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw