Meningkatkan Keterampilan Dasar Passing Atas MelaluiModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division(Stad) Pada Siswa KelasVII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara

Main Author: ZUKIFLI SOFYAN BAU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831410198/meningkatkan-keterampilan-dasar-passing-atas-melaluimodel-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-teams-achievement-divisionstad-pada-siswa-kelasvii-smp-negeri-1-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Zulkifli Bau. 831410198. 2017. Meningkatkan Keterampilan Dasar Passing Atas MelaluiModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division(Stad) Pada Siswa KelasVII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara. Skripsi, program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I BapakDrs. Ruskin, M.PddanPembimbing II Ibu Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : &#226apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) keterampilan dasar passing atas dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara dapat ditingkatkan?&#226Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar passing atas dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkanhasilobservasiawalketerampilan passing atas pada permainan bola volisiswadiperoleh datasebagaiberikut : 4 (16,67%) orangsiswaberadadalamklasifikasikurangdenganperolehannilairata-rata 55,25 dan 14 (58,33%) orang siswaberadadalamklasifikasicukupdengannilai rata-rata 65,66, dan 6 (25%) orang siswaberadadalamklasifikasibaikdengannilai rata-rata 72,43,sedangkan klasifikasi nilai rata-rata keseluruhan mencapai 65,62. Padasiklus I, keterampilan passing atas pada permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utaratelahmengalamipeningkatan yang cukupberartiyaitu11 (45,83%) siswaberadadalamklasifikasicukupdengannilai rata-rata 66,64 dan13 (54,17%) orang siswaberadadalamklasifikasibaikdengannilai rata-rata 73,94, sedangkan klasifikasi nilai rata-rata keseluruhan mencapai 70,59. Padasiklus II iniketerampilan passing atas pada permainan bola voli siswamencapaikriteriakeberhasilan. Dimana6 (25%) orang siswa berada dalam klasifikasisangat baikdenganperolehannilai rata-rata 81,43 dan 18 (75%) orang siswa berada dalam klasifikasi baik dengan perolehan nilai 76,52, sedangkan klasifikasi nilai rata-rata keseluruhan mencapai 77,75. Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu Jika guru menggunakan model pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD), maka keterampilan dasar passing atas pada permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara akan meningkat (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil. Kata Kunci :Passing Atas, Permainan Bola Voli, Model PembelajaranStudent Team-Achievement Division (STAD)