PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAK SILAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BAGI SISWA KELAS V SDN NO.91.SIPATANA.GORONTALO
Main Author: | MUH. FAHRI KENTA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831410073/pengembangan-model-pembelajaran-pencak-silat-pada-mata-pelajaran-pendidikan-jasmani-olahraga-dan-kesehatan-bagi-siswa-kelas-v-sdn-no91sipatanagorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kenta, Fahri. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Pencak Silat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SDN No. 91 Sipatana. Dalam Kurikulum pencak silat merupakan materi pilihan. Guru penjas yang ada di SDN No. 91 Sipatana memilih untuk tidak membelajarkan pencak silat. Hal ini disebabkan karena guru tersebut tidak memiliki buku panduan pencak silat dan orang yang ahli dibidang pencak silat. Tujuannya adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran pencak silat pada mata pelajaran pendidikan jasmani, Olahraga dan kesehatan. Dimana uji coba produk ini melalui 2 (dua) tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (kelompok besar). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara yang berupa kritik, saran dan ahli dari penjas dan nara sumber sebagai masukan konstruktif untuk bahan revisi produk, dan kuantitatif yang diperoleh dari berupa angket, kuisioner dan pengamatan lapangan. Uji validitas dalam penelitian menggunakan program Microsoft Exel dengan korelasi person. Berdasrkan penghitungan koefision korelasi, diketahui berada dalam rentan 0,7-1,00. Dari perhitungan statistik validitas uji cobainstrumen diketahui valid karena menunjukkan derajat hubungan yang tinggi. Uji reliabilitas menggunakan Program Microsoft Exel dengan analisis cronbach's alpha, yang hasil perhitungan diketahui bahwa nilai reliabilitas jika diketahui bahwa nilai reliabilitas jika menggunakan koefisien Alpha, menunjukkan yang tinggi, yaitu r = 0,7946 dengan demikian instrumen dinyatakan reliabel. Dari hasil validitas reabilitas di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa produk model pembelajaran pencaksilat dapat digunakan pada pembelajaran pendidikan jasmani, Olahraga dan kesehatan untuk siswa sekolah dasar kelas V.