Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Olahraga Atletik Melalui Model Pembelajaran Explicit Instructions pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabila

Main Author: ABDUL RAHMAN DJ. HASIRU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Xi
Ips
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409251/meningkatkan-kemampuan-lompat-jauh-gaya-jongkok-pada-olahraga-atletik-melalui-model-pembelajaran-explicit-instructions-pada-siswa-kelas-xi-ips-sma-negeri-1-kabila.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abd. Rahman Hasiru 831409251. Judul Skripsi &#226Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Olahraga Atletik Melalui Model Pembelajaran Explicit Instructions pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabila&#226 pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd,. M.Pd dan pembimbing II Mirdyani Pauweni, S.Pd.,M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah : kurangnya kemampuan Lompat Jauh pada Olahraga Atletik. Cara pemecahannya yaitu dilakukan dengan menggunakan Model Pembelajaran Explicit Intructions dalam pelaksanaan pembelajaran. Langkah-langkahnya guru menjelaskan dan memberikan simulasi pada siswa bagaimana cara melakukan Lompat Jauh kemudian guru memberikan tugas gerak kepada siswa. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini, yaitu terjadi peningkatan kemampuan Lompat Jauh pada Olahraga Atletik, setelah di terapakan Model Pembelajaran Explicit Intructions di kelas itu maka Hipotesis tindakan Jika guru menggunakan Model Pembelajaran Explicit Intructions, maka kemampuan Lompat Jauh tersebut akan meningkat. Indikator kerja adalah presentase rata-rata jumlah siswa yang sudah mampu dalam melakukan cLompat Jauh tersebut dapat di tingkatkan minimal menjadi 75%. Hasil dari penelitian ini adalah data pada observasi awal yaitu 52,51 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 68,82. Pada siklus II meningkat 76,58. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya bahwa penelitian yang berjudul meningkatkan kemampuan Lompat Jauh pada Olahraga Atletik mengalami peningkatan dengan menggunakan Model Pembelajaran Explicit Intructions Kata Kunci : Explicit Intructions, Atletik, Lompat Jauh