PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 GORONTALO
Main Author: | MUHAMAD NURYASIN LAUMA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409244/pengaruh-metode-pembelajaran-discovery-terhadap-kemampuan-passing-atas-permainan-bola-volipada-siswa-kelas-x-smk-negeri-4-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK MUHAMAD NURYASIN LAUMA, (2013). Nim. 831 409 244. Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Gorontalo .Skripsi Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, M.S. dan Pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd. M.Pd. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui . Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Gorontalo.Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X SMK Negeri 4 Gotontalo masih di bawah tingkat ketuntasan belajar.Kemampuan passing atas permainan bola voli pada siswa kelas X tahun 2011/2012 menunjukan bahwa 93.7 % dari jumlah siswa 119 memperoleh nilai kurang dari 75. Hal ini di buktikan dengan informasi yang di dapatkan dari guru mata pelajaran Penjas Orkes dimana hanya 32% dari jumlah siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh metode pembelajaran discovery terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Gorontalo. Langkah awal untuk pengujian hipotesis adalah melakukan uji homogenitas varians terhadap hasil pree-test dan post-test. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunkan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk= n-1. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa t hitung sebesar 21.5 sedangkan dari daftar distribusi pada t(0,95) (19) diperoleh nilai sebesar 2.09. Ternyata harga t hitung lebih besar dari t daftar. Berarti hipotesis dalam penelitian yang menyatakan bahwa Terdapat pengaruh metode pembelajaran discovery terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Gorontalo .dapat diterima. Dalam hal ini, bahwa metode discoveri memberikan dampak positif terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Gorontalo. Kata Kunci: metode pembelajaran Discovery, Kemampuan passing atas