Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada SMP N 2 Batudaa)

Main Author: RAHMAT ISHAK
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Smp
N
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409189/meningkatkan-hasil-belajar-bola-voli-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-suatu-penelitian-tindakan-kelas-pada-smp-n-2-batudaa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahmat Ishak. 2013, Skripsi: Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada SMP N 2 Batudaa). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Permainan Bolavoli. Penelitian terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Batudaa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 perempuan. Objek penelitian adalah(1) unjuk kerja keterampilan teknik passing bawah, (2) unjuk kerja keterampilan teknik passing atas, (3) unjuk kerja keterampilan teknik service bawah dan (4) unjuk kerja keterampilan teknik service atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Batudaa, baik pada aspek keterampilan teknik dasar passing atas dan bawah, keterampilan teknik dasar service atas dan bawah dan aturan permainan bolavoli. Ketiga aspek prestasi belajar di atas mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke siklus II. Kata-kata Kunci: model Jigsaw, keterampilan passing atas dan bawah keterampilan service atas dan bawah, , permainan bola voli.