Pengaruh Metode pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Lari Estafet Pada Mata Pelajaran Penjas Orkes Dikelas VIII SMP Negeri 1 Talaga

Main Author: MUCHLIS
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409177/pengaruh-metode-pembelajaran-langsung-terhadap-hasil-belajar-lari-estafet-pada-mata-pelajaran-penjas-orkes-dikelas-viii-smp-negeri-1-talaga.html
Daftar Isi:
  • Muchlis Nim 831 409 177 Pengaruh Metode pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Lari Estafet Pada Mata Pelajaran Penjas Orkes Dikelas VIII SMP Negeri 1 Talaga. Skripsi Jurusan Pendidikan Penjasorkes Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo 2013. Bimbingan (I) Drs. Ahmad Lamusu, S.pd M.pd dan Bimbingan (II) Zulkifli Lamusu, S.pd M.pd. Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 2,71 dan skor yang terendah 1,71. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 2,33 dan nilai standar deviasi 0.23 dan varians 0.056. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 4.14 dan skor terendah 3.14. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 3,80 dan standar deviasi 0.26 serta varians 0.067. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari tes awal sampai tes akhir dengan selisih peningkatan dari hasil Pre-test dan post-test sebesar 1,47. Untuk pengujian homogenitas data antara hasil penelitian pre-test dan post-test seluruh variabel memiliki varians populasi yang homogen serta memiliki populasi yang berdistribusi normal. Untuk keperluan pengujian hipotesis dalam penelitian ini, maka dalam pengujian hipotesis digunakan uji analisis data penelitian eksperimen. Untuk menganalisis data eksperimen yang menggunakan pre-test dan post-test design. Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 4,45. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(19) = 2,84. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa motode pembelajaran langsung dapat meningkatkan Hasil Belajar lari estafet, Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Kata kunci : Keterampilan Lari Estafet pada olahraga atletik melalui metode pembelajaran langsung