Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Pada Permainan bolaVoli Melalui Metode Cooperative Learning Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 2 Limboto
Main Author: | FEBRIYANTO RAUF |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409113/meningkatkan-kemampuan-passing-bawah-pada-permainan-bolavoli-melalui-metode-cooperative-learning-siswa-kelas-viii2-smp-negeri-2-limboto.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK FEBRIYANTO RAUF. NIM. 831409113.MeningkatkanKemampuanPassingBawahPadaPermainan Bola VoliMelaluiMetodeCooperative LearningSiswaKelas VIII2 SMP Negeri 2Limboto. Masalahdalam penelitian ini yaitu Bagaimanameningkatkankemampuanpassingbawahpadapermainan bola volisiswakelas VIII SMP Negeri 2 Limbotomelaluimetodecooperative learning? Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuan Passing Bawahpadapermainan bola voli di kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Limboto. Berdasarkan hasil penelitian dapat menyimpulkan yaitu metode cooperative learning dapat meningkatkan hasilpassingbawah. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan dalam peneltian ini. Pada observasi awal rata-rata capaian siswa hanya mencapai nilai 52,23. Setelah diberikan tindakan lanjutan pada siklus I memperoleh peningkatan sebesar 11,12 menjadi 63,35. Selanjutnya diberikan tindakan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 12,48 menjadi 75,83. Hal ini memenuhi ekspektasi peneliti yang menetapkan indikator kinerja 75 %. Dengan demikian maka hipotesis yang telah di ajukan yaitu jikamenggunakanmetodecooperative learningdalam prosespembelajaranmakakemampuansiswakelas VIII SMP Negeri 2 Limbotodalammelakukanpassingbawahakanmeningkat dapat diterima. Kata Kunci : Bola Voli, PassingBawah, Metode Cooperative learning