PENERAPAN METODE EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN TEKNIK DASAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAPA

Main Author: FITRY RAMDAYANTY TAHIR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409103/penerapan-metode-explicit-intruction-dalam-meningkatkan-teknik-dasar-passing-atas-pada-permainan-bola-voli-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-1-tapa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK FITRY RAMDAYANTI TAHIR/831409103 "PENERAPAN METODE EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN TEKNIK DASAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAPA " Dosen Pembimbing 1 Dr. Sarjan Mile, M.S dan dosen pembimbing 2 Zulkifli Lamusu S.Pd, M.Pd. Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka dapat diidentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami teknik dasar dalam melakukan pasing atas pada permainan bola voli serta hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dalam hal pelaksanaan teknik dasar passing atas dengan baik dan benar.Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : dengan menerapkan metode explicit intruction untuk meningkatkan teknik dasar passing atas pada permainan bola voli pada siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1 Tapa.". Hipotesis tindakan yakni ":Jika guru menerapkan metode Explicit Intruction, maka keterampilan siswa kelas VIII7 di SMP Negri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango dalam melakukan passing pada permainan bola voli akan meningkat".Indikator kinerja. jika jumlah siswa yang menjadi subyek penelitian mengalami peningkatan dari setiap aspek penilaian, dan melebihi indikator yang ditentukan dengan capaian 80% dari jumlah yang diberikan tindakan, maka penelitian ini dikatakan berhasil.Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1 Tapa dengan jumlah siswa 20 orang, putri berjumlah 10 orang dan putra berjumlah 10 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan keterampilan dasar passing atas yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan keterampilan dasar passing atas sebesar 54.17%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 65.74% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 81.11%, jadi hipotesis yang dinyatakan: "Jika guru menerapkan metode Explicit Intruction, maka keterampilan siswa kelas VIII7 di SMP Negri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango dalam melakukan passing pada permainan bola voli akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Keterampilan Dasar Passing Atas. metode, Explicit Instruction. Siswa SMP.