MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SERVIS FOREHAND PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO

Main Author: HARIS D. HARUN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Vii
Smp
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409101/meningkatkan-teknik-dasar-servis-forehand-permainan-tenis-meja-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-team-games-tournament-tgt-pada-siswa-kelas-vii-smp-negeri-3-telaga-biru-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK HARIS D. HARUN / 831409101 Meningkatkan Teknik Dasar Servis Forehand Permainan Tenis Meja Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra Hj. Nurhayati Liputo, M.Pd dan Pembimbing II, Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya teknik dasar servis forehand permainan tenis meja siswa Permasalahan tersebut dipecahkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar servis forehand pada siswa kelas VII b SMP Negeri 3 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. diupayakan peningkatannya mencapai 85 % . dari jumlah siswa yang diteliti atau perolehan nilai rata-rata 75 (ketegori baik). Pemantauan dan evaluasi dilaksanakan sesuai prosedur pada model pembelajaran tipe team games tournament melalui pertandingan akademik dengan pemberian tes unjuk kerja pada siswa, yang dilakukan setiap akhir siklus menggunakan alat pengumpul data berupa lembar penilaian individu untuk mengukur peningkatan teknik dasar servis forehand permainan tenis meja siswa. Dari analisis data yang diperoleh, diketahui peningkatan teknik dasar servis forehand siswa yaitu : pada observasi awal secara klasikal nilai rata-rata 49,74 meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,42. peningkatanya sebesar 10,68, lalu pada siklus II meningkat menjadi 76,04 peningkatannya sebesar 15,62. Persentase peningkatan 93,75 % dari 16 orang siswa yang menjadi obyek penelitian. Dengan demikian penelitian dinyatakan selesai karena telah mencapai target bahkan melampaui indikator kinerja. Berarti hipotesis yang diajukan telah terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Teknik Dasar Servis Forehand dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, Team Games Tournament (TGT).