MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MODELING PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS VII - 3 SMP NEGERI 2 LIMBOTO
Main Author: | JEFRIN SEDI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409080/meningkatkan-hasil-belajar-passing-atas-melalui-strategi-pembelajaran-modeling-pada-permainan-bola-voli-siswa-kelas-vii-3-smp-negeri-2-limboto.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK JEFRIN SEDI. NIM. 831 409 080 Meningkatkan Hasil Belajar Pasing Atas Melalui Strategi Pembelajaran Modeling Pada Permainan Bola Voli Siswa Kelas VII 3 SMP Negeri 2 LIMBOTO. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd.Pembimbing II Edy Dharma P. Duhe, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan pasing atas. Untuk memecahkasn masalah tersebut, diterapkan strategi pembelajran modeling. Dan yang menjadi indikator kinerja yaitu 85% dalam penelitian ini, jika terjadi peningkatan penguasaan pasing atas melaluai strategi pembelajaran modeling, dari 52% sampai 85%, maka penelitian ini di anggap selesai dan berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta di adakan evaluasi pada setiap siklus. Data dianalisis baik kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data pada kegiatan observasi awal, dapat diketahui kemampuan rata-rata siswa dalam meningkatkan kemampuan melakukan pasing atas yakni sebesar 52% menjadi 58,25% pada siklus I, pada siklus II menjadi 64,5%, pada siklus III menjadi 79%, dan pada siklus IV menjadi 86%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi Jika menerapkan strategi pembelajaran modeling kedalam proses pembelajaran maka kemampuan siswa kelas VII 3 SMP Negeri 2 LIMBOTO dalam melakukan pasing atas pada permainan bola voli dapat ditingkatkan, dapat terbukti dan diterima. Kata kunci: Hasil belajar pasing atas, bola voli, startegi pembelajaran modeling