PENERAPAN METODE BAGIAN KESELURUHAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa)
Main Author: | TINTON PRABUDY MALEWA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831409067/penerapan-metode-bagian-keseluruhan-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-lompat-jauh-studi-eksperimen-pada-siswa-kelas-vii-smp-negeri-1-suwawa.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK TINTON PRABUDY MALEWA,Nim 831 409 067. Penerapan Metode Pembelajaran Bagian Keseluruhan Dalam Meningkatakan Hasil Belajar Lompat Jauh (Studi EksperimenPadaSiswa Kelas VII SMP Negeri1 Suwawa).. SkripsiJurusanPendidikanKeolahragaanFakultasIlmu-IlmuKesehatan Dan KeolahragaanUniversitasNegeriGorontalo 2013. Bimbingan (I) Drs. Ruskin,M.PddanBimbingan (II) Zulkifli Lamusu, S.PdM.Pd. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuisejauhmanapenguruh penerapan metode pembelajaran bagian keseluruhan dalam meningkatakan hasil belajar lompat jauh ( Studi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa). Jenispenelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganmenggunakan one group pre-test and post-test. Desainjumlahpopulasidalampenelitianberjumlah 149 orang dansampel yang digunakanadalah 20 orang denganjeniskelaminlaki-laki dan perempuan, sedangkansampel yang digunakandenganteknikpengambilansampelTotal sampling. Data dikumpulkandenganmenggunakan pre-tesdanpost-testdengan test Rating Scale. Kemudiandianalisisdenganmenggunakanstatistikuji t.Berdasarkan perhitungan hasil belajar lompat jauh diperoleh tobservasi = 23.2. Dari tabelnilai t atauttabelpada? = 0,05; dk = n-1 (20-1 =19) diperolehhargattabel = 2.09. danuntukhasil belajar lompat jauhdiperolehnilaithitungsebesar = 23.2. Nilaittabelpada ? = 0,05; dk = n-1 (20-1 =19) diperolehhargasebesar 2.09. Berdasarkankriteriapengujianbahwaterima# Ho :jikathitung ? ttabelpada ? = 0.05; n-1, olehkarenaituhipotesisalternativatau Hadapatditerima, sehinggadapatdinyatakanterdapatpengaruhpenerapan metode pembelajaran bagian keseluruhan dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh (Studi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa) Kata Kunci :Metode Pembelajaran Bagian Keseluruhan, Hasil Belajar Lompat Jauh.