MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 2 GORONTALO

Main Author: TARSAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
X2
Sma
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831408183/meningkatkan-keterampilan-servis-atas-dalam-permainan-bolavoli-melalui-model-pembelajaran-berpasangan-pada-siswa-kelas-x2-sma-negeri-2-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAC TARSAN, Nim. 831 408 183 "Meningkatkan keterampilan servis atas dalam permainan Bolavoli melalui model Pembelajaran berpasangan pada siswa Kelas X2 SMA Negeri 2 Gorontalo" Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan keterampilan siswa dalam melakukan servis atas dalam permainan bolavoli. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model Pembelajaran berpasangan dalam proses pembelajaran permainan bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah : untuk Meningkatkan keterampilan servis atas dalam permainan Bolavoli melalui model Pembelajaran berpasangan pada siswa Kelas X2 SMA Negeri 2 Gorontalo" Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Pembelajaran berpasangan pada siswa Kelas X2 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2015-2016 Hasil penelitian terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan dengan persentase 76,93% melebihi indikator kinerja yang ditentukan yaitu 75% setelah dilakukan tindakan dalam dua siklus dari jumlah keseluruhan 22 siswa yang dikenai tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan siswa dalam melakukan servis atas dalam permainan bolavoli meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan apa yang diharapkan yakni rata-rata nilai 54,09% pada Observasi awal, Siklus I meningkat sebesar 9,88% menjadi 63,97%, dan Siklus II meningkat sebesar 12,96% menjadi 76,93%. Dengan demikian maka penelitian dianggap selesai. Kata kunci : Keterampilan Servis Atas, Model Pembelajaran Berpasangan