PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN TERHADAP HASIL PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATUDAA KECAMATAN BATUDAA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: RONAL TOMAYAHU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831408150/pengaruh-metode-pembelajaran-bagian-terhadap-hasil-permainan-tenis-meja-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-2-batudaa-kecamatan-batudaa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ronal S. Tomayahu. Nim. 831408150. Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian Terhadap Hasil Permainan Tenis Meja Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Penjas Jurusan Penjas Fakultas Ilmu Pendidikan Kesehatan dan Keolahragaan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Risna Podungge, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II. Zulkifli A. Lamusu, S.Pd. M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah metode pembelajaran bagian dapat mempengaruhi hasil belajar permainan tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode pembelajaran bagian terhadap hasil belajar permainan tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t dipeoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dimana nilai thitung sebesar 4.109 sedangkan nilai tdaftar 2.006. nilai ttabel tersebut berdasarkan pada jumlah derajat kebebasan ( dk ) yaitu 27 dengan taraf signifikan ( ∝ = 0.05 ) atau tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan dimana penggunaan metode pembelajaran bagian dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar tenis meja. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Bagian, Tenis Meja