Pengaruh Metode Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga

Main Author: ALBAR S. ABIDUL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831408019/pengaruh-metode-pembelajaran-explicit-instruction-terhadap-hasil-lompat-jauh-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-1-telaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ALBAR S. ABIDUL. NIM: 831 408 019. &#226Pengaruh Metode Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga&#226. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge S.Pd M.Pd, Pembimbing II Julkifli Lamusu S.Pd M.Pd. Tujuan Penelitian adalah Meneliti besarnya pengaruh metode pembelajaran Explicit Instruction terhadap kemampuan lompat jauh siswa SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen (Treatment). Populasi dalam penelitian kali ini adalah Sekolah SMP Negeri I Telaga khususnya pada siswa putra kelas VIII sebanyak 20 siswa. Data Penelitian ini diperoleh dari Test Lompat jauh yang diambil sebelum dilakukan treatment. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t yang sebelumnya data hasil penelitian dilakukan dengan menghitung varians S&#226- (2@i), standar deviasi (S), uji Normalitas data dan Homogenitas data, Uji Perbedaan menggunakan uji Liliefors. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan: Terdapat pengaruh Explicit Instruction terhadap peningkatan kemampuan hasil lompat jauh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung= 8.98 > t table=1.729 pada tingkat kepercayaan 95%. Mengacu pada criteria pengujian yang menyatakan bahwa tolak HO jika thitung (to) > ttabel (tt). maka hal ini Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain terdapat peningkatan kemampuan Lompat Jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Kata Kunci : Explicit Instruction, Lompat jauh